Audit

Jangan Salah Pilih Auditor ! Berikut Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Jangan Salah Pilih Auditor

Jangan Salah Pilih Auditor ! Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan | Kebutuhan akan audit di perusahaan membuat anda harus selektif mencari auditor yang tepat dan berkompeten. Memilih auditor yang tepat merupakan salah satu langkah penting untuk memastikan pemeriksaan terkait laporan keuangan dapat dipercaya dan memiliki hasil yang akurat. Hal ini dikarenakan auditor memiliki peran vital terhadap catatan pemeriksaan keuangan yang hasilnya akan berpengaruh untuk pihak- pihak yang berkepentingan seperti pemegang saham, kreditor, ataupun badan pemerintahan mengenai kelayakan laporan keuangan anda. Jika kita ulas lebih jauh, berikut ini beberapa alasan mengapa anda perlu memilih auditor yang tepat untuk perusahaan dan mengapa MAB Consulting menjadi salah satu konsultan audit Surabaya yang terintegrasi dan berafiliasi dengan kantor akuntan public yang memiliki ijin resmi dapat menjadi salah satu mitra/ partner dalam melakukan audit. Yuk Simak Selengkapnya.

  1. Memastikan Adanya Kepatuhan Pada Regulasi yang Berlaku

Auditor yang tepat akan memastikan bahwa perusahaan anda berada dalam regulasi serta standard akuntansi dan keuangan yang berlaku. Laporan keuangan yang menjadi bahan pemeriksaan akan dipastikan memenuhi syarat hukum dan standard yang telah ditetapkan. Hal ini akan mencegah adanya risiko sanksi hukum atas pelanggaran yang tidak atau dengan sengaja dibuat.

  1. Adanya Kepercayaan dari Pihak yang Berkepentingan

Laporan keuangan perusahaan yang diaudit oleh auditor berkompeten tentu akan meningkatkan kepercayaan dari pihak berkepentingan seperti investor, pemegang saham, kreditor, dsb. Hal ini tentu sangat penting untuk menjaga citra dan reputasi perusahaan dalam menggapai dukungan- dukungan eksternal.

  1. Mengelola Risiko dengan Lebih Bijak

Salah satu tugas auditor adalah membantu perusahaan untuk mengidentifikasi masalah yang nantinya akan menimbulkan beberapa risiko di waktu mendatang. Auditor yang berkompeten akan memudahkan anda dalam mengevaluasi kinerja sistem dan memberi pandangan dan saran perbaikan yang dibutuhkan. Hal ini akan meminimalisir dampak kesalahan yang lebih besar dikemudian hari.

  1. Mengidentifikasi Peluang dan Tantangan

Dengan adanya pemeriksaan laporan keuangan tentu akan membuka informasi yang lebih luas terkait peluang dan tantangan yang mungkin dihadapi oleh perusahaan. Auditor yang tepat akan memberikan pandangan dan wawasan tentang regulasi, tren pendapatan, dan segala aspek yang akan mempengaruhi bisnis secara keseluruhan.

  1. AdanyaTransparansi Data dan Informasi

Auditor yang tepat akan memberikan pendapat dan pandangan secara independen mengenai laporan keuangan yang ada. Hal ini akan membantu meningkatkan transparasi data dalam pelaporan keuangan perusahaan. Transparasi dan akuntabilitas diperlukan untuk menjaga kepercayaan pihak- pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan tersebut.

  1. Adanya Perijinan Resmi Dari Regulator

Auditor yang memiliki reputasi baik dan memiliki ijin resmi cenderung melakukan pekerjaan audit berbasis dengan peraturan yang berlaku. Karena banyak di Lembaga konsultan audit yang ijinnya sudah di bekukan dan menggunakan system back date untuk mengelabui dan menstate opini audit yang tidaks esuai dengan semestinya sehingga membuat resiko hukum tertentu.

Setelah anda memahami mengenai dampak dalam memilih auditor yang tepat dan berkompeten, maka agar tidak salah dalam memilih auditor, Berikut ini beberapa kriteria yang perlu dimiliki oleh seorang auditor :

  1. Memiliki Reputasi yang Baik: Reputasi serta integritas seorang auditor dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk anda dalam memilih auditor. Hal ini tentu untuk menghindari adanya keterlibatan auditor terhadap skandal atau praktik kerja yang melencengat atau tidak semestinya.
  2. Memiliki Pengalaman yang Mumpuni:Banyaknya pengalaman yang dimiliki akan menambah keahlian dan jam terbang seorang auditor. Anda harus memastikan bahwa auditor tersebut memiliki keahlian memadai sesuai bisnis anda. Dengan begitu, auditor tentu akan lebih memahami kompleksitas bisnis dan risiko yang dihadapi perusahaan.
  3. Memiliki Lisensi Profesional yang Diakui:Pastikan auditor memiliki lisensi atau sertifikasi yang diperlukan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal ini dapat membuktikan seorang auditor tersebut memang secara resmi memiliki kompetensi dibidangnya.
  4. Memiliki Pemikiran yang Solutif: Pada hasil akhir pemeriksaan, auditor akan memberikan pandangan tentang laporan keuangan perusahaan. Auditor yang berkompeten akan mampu memberikan rekomendasi saran perbaikan terhadap tantangan yang dihadapi oleh perusahaan.
  5. Bersifat Independen: Pastikan auditor yang anda pilih bersifat objektif dan tidak memiliki kepentingan terhadap segala hal yang ada dalam perusahaan anda. Independensi merupakan prinsip yang sangat penting dalam proses dan hasil audit.
  6. Memiliki Kedisiplinan pada Peraturan: Setiap profesi memiliki kode etik yang harus dijalankan, tidak terkecuali para auditor.Pastikan bahwa auditor yang anda pilih patuh terhadap standar etika dan standar audit yang berlaku. Hal ini akan memastikan bahwa audit dilakukan dengan integritas yang tinggi.

Kesimpulan

Dengan terlibat secara aktif dalam memilih auditor, anda dapat memastikan perusahaan anda mendapatkan hasil yang maksimal dan berkualitas. Beberapa poin diatas dapat anda jadikan acuan dalam memilih auditor yang berkompeten yang sesuai dengan perusahaan anda. Kesalahan dalam memilih auditor dapat berdampak buruk pada reputasi perusahaan, selain itu anda akan mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan audit yang berulang. Jadi, anda harus memastikan laporan keuangan di audit melalui pihak- pihak professional.

MAB Consulting merupakan salah satu penyedia jasa konsultasi Audit surabaya yang handal dan terpercaya. Kami memiliki tim yang berpengalaman dan professional dibidang audit yang dapat membantu perusahaan anda dalam memberikan hasil yang kredibel. Jika perusahaan anda berada di wilayah Surabaya, gresik, sidoarjo, dan sekitarnya kami siap membantu. Dapatkan penawaran menarik serta berbagai keunggulan jasa yang kami miliki.

Ingin Berkonsultasi Dengan Kami Untuk Meningkatkan Efisiensi Bisnis Perusahaan Anda?

Klik Tombol Gambar Di bawah Ini


One thought on “Jangan Salah Pilih Auditor ! Berikut Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *