artikel Bisnis

Custom Software vs Software Package

Custom Software vs Software Package

Custom Software vs Software Package

Perkembangan teknologi informasi saat ini telah menghadirkan beragam software akuntansi yang dapat mempermudah pekerjaan pencatatan keuangan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa tujuan utama perusahaan dalam menggunakan software akuntansi:

  1. Mempermudah dan mempercepat proses pencatatan transaksi keuangan Software akuntansi memuat fitur-fitur yang mendukung proses akuntansi dan pencatatan transaksi secara cepat dan mudah dari berbagai departemen.
  2. Menghasilkan laporan keuangan akurat dan akuntabel Akurasi, detail, dan kepatuhan laporan dapat terpenuhi dengan lebih baik menggunakan software akuntansi sesuai standar akuntansi.
  3. Membantu proses pengambilan keputusan manajemen Laporan keuangan dan pengukuran performa yang dihasilkan oleh software dapat menjadi acuan bagi manajemen dalam pengambilan keputusan bisnis.
  4. Mempermudah audit dan investigasi Data keuangan yang tersimpan secara sistemik dalam software akuntansi akan mempermudah proses audit dan investigasi bila dibutuhkan.
  5. Meminimalkan risiko kesalahan dan manipulasi Penggunaan software meningkatkan validitas data serta mencegah manipulasi atau double booking.
  6. Mendukung pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan Software bisa disesuaikan dengan kebutuhan agar dapat memenuhi persyaratan bisnis baru di masa depan seiring pertumbuhan perusahaan.

Salah satu jenis yang paling sering dipakai oleh Perusahaan adalah Build-In Accounting Software dan Built-In Accounting Software. Namun, banyak perusahaan yang masih bingung harus memilih jenis software akuntansi yang mana antara custom accounting software atau fixed/off-the-shelf accounting software.

Custom Accounting Software adalah perangkat lunak akuntansi yang dikembangkan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan proses bisnis dan sistem informasi perusahaan tertentu. Dengan menggunakan software akuntansi yang dibuat custom, perusahaan bisa mendapatkan sistem informasi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhannya tanpa fitur yang berlebihan. Proses bisnis pun menjadi lebih efisien.

Kelebihan Menggunakan Custom Accounting Software :

  1. Fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis

Software akuntansi custom dapat dirancang dan disesuaikan dengan proses bisnis serta kebutuhan perusahaan. Misalnya penambahan fitur khusus atau custom report sesuai permintaan.

  1. Pengendalian akses lebih terkontrol

Hak akses pengguna dapat diatur sesuai peran dan tanggung jawabnya di perusahaan. Hal ini meningkatkan aspek keamanan data perusahaan.

  1. Biaya pemeliharaan lebih murah

Karena software dibuat khusus, maka biaya pemeliharaan dan penyesuaian sistem biasanya lebih murah dibandingkan software off-the-shelf ( siap pakai).

  1. Data lebih aman

Perusahaan bisa mengatur sendiri lokasi penempatan server/penyimpanan data sehingga lebih aman. Selain itu backup dan restore data juga lebih mudah dilakukan.

Kekurangan Menggunakan Software Akuntansi Custom:

  1. Membutuhkan waktu dan biaya pengembangan yang lebih besar

Pengembangan software akuntansi custom memerlukan investasi waktu dan dana di awal yang lebih besar jika dibandingkan software built in.

  1. Resiko kegagalan pengembangan perangkat lunak

Karena dibuat dari nol, terkadang software custom gagal dikembangkan karena beberapa keterbatasan developer.

  1. Dukungan terbatas

Tidak adanya technical support dan product support team yang solid, menjadikan perawatan sistem dan troubleshooting masalah teknis menjadi kendala sendiri.

Fixed accounting software atau software akuntansi built-in adalah software akuntansi yang sudah dikembangkan secara standar oleh developer dan siap digunakan oleh banyak perusahaan tanpa perlu pengembangan khusus (customisasi).

Kelebihan Menggunakan Software Akuntansi Built In :

  1. Waktu implementasi yang lebih singkat

Software akuntansi yang sudah tersedia secara off-the-shelf ( Siap pakai) umumnya mempersingkat waktu implementasi karena tinggal menyesuaikan dengan kondisi perusahaan.

  1. Fitur lengkap untuk berbagai kebutuhan

Umumnya software built in dilengkapi fitur standar yang diperlukan untuk keperluan akuntansi perusahaan mulai dari buku besar, jurnal, hingga pelaporan.

  1. Biaya implementasi lebih murah

Biaya implementasi dan pelatihan penggunaan software akuntansi built in relatif lebih murah karena sifatnya standar. Customisasi tidak diperlukan.

  1. Dukungan teknis dan layanan tersedia

Ada tim technical support serta customer service yang siap membantu jika ada kendala teknis ataupun pertanyaan terkait pengunaan software.

Kekurangan Menggunakan Software Akuntansi Built In  ( Siap Pakai)  :

  1. Kurang fleksibel

Software akuntansi yang sudah jadi umumnya memiliki standar fitur yang kurang fleksibel untuk disesuaikan dengan proses bisnis perusahaan. Customisasi sangat terbatas.

  1. Rentan terhadap risiko keamanan

Karena bersifat standar untuk semua pengguna, software built in rentan terhadap hacking dan serangan malware.

  1. Penyimpanan data kurang aman

Penyimpanan data dilakukan secara online di cloud. Ini membuat kerahasiaan data perusahaan tidak sepenuhnya terjaga dengan baik.

  1. Fitur seringkali berlebihan

Banyak fitur software built in yang sebenarnya tidak diperlukan perusahaan. Hal ini menyebabkan inefisiensi penggunaan sistem karena ada fitur-fitur yang tidak terpakai.

Kesimpulan

Demikian ulasan mengenai perbedaan mendasar antara custom accounting software dan fixed accounting software ( Software package)  beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pemilihan jenis software akuntansi yang tepat sangat vital bagi efisiensi dan kehandalan sistem informasi keuangan perusahaan. Jika Anda masih merasa bingung untuk menentukan pilihan atau mengimplementasikan software akuntansi terbaik bagi perusahaan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami, MAB Consulting.

Melalui layanan konsultasi bisnis dan accounting dari MAB Consulting, kami siap membantu mulai dari assessment kebutuhan, rekomendasi produk terbaik, implementasi sistem, pelatihan pengguna, hingga evaluasi pasca implementasi. Layanan konsultasi kami telah terbukti berhasil membantu beberapa klien di berbagai industri dan ukuran bisnis. Hubungi kami di www.mabconsulting.id atau Anda Dapat Klik Tombol Gambar Di Bawah Ini

Klik Tombol Gambar Di bawah Ini

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *