artikel Bisnis

Visibilitas Laporan Keuangan Lewat Software Akuntansi Digital

Transformasi Laporan Keuangan Anda Dengan Software Akuntansi Berbasis Digital

 

Software Akuntansi Berbasis Digital

Software Akuntansi Berbasis Digital

Sebagai pemilik atau pengelola bisnis, menyiapkan laporan keuangan secara berkala merupakan suatu kewajiban. Laporan keuangan berperan penting tidak hanya untuk kepatuhan pada regulator, namun juga menjadi acuan dalam pengambilan keputusan bisnis yang tepat sasaran.

Sayangnya, masih banyak pengusaha yang mengelola laporan keuangannya secara manual, seperti mencatat pada pembukuan fisik atau mengandalkan software excel. Cara ini tentu saja rawan kesalahan, memakan waktu lama, dan kurang effisien. Oleh karena itu, solusi tepat yang dibutuhkan adalah dengan memanfaatkan software akuntansi berbasis digital.

Software akuntansi digital hadir sebagai solusi cerdas yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan apa pun baik skala kecil, menengah, hingga besar untuk meningkatkan visibilitas laporan keuangan. Fitur canggih software akuntansi digital mampu secara sistematis dan terstruktur mencatat, mengolah dan menganalisis data keuangan perusahaan. Dengan kata lain, data keuangan yang sempat tersebar di tempat yang berbeda bisa dikonsolidasikan secara otomatis dan tersaji rapi dalam satu tampilan yang mudah dibaca.

Software akuntansi digital menawarkan berbagai fitur canggih yang mampu mengotomatisasi proses pencatatan, pengklasifikasian, hingga pelaporan keuangan perusahaan maupun usaha kecil dan menengah (UKM). Dengan software akuntansi digital, proses pembukuan keuangan menjadi jauh lebih cepat, akurat dan terintegrasi secara end-to-end.

Tidak hanya mencatat transaksi keuangan, software akuntansi digital juga dilengkapi fitur untuk membuat beragam laporan seperti jurnal umum, buku besar, laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca, dan lain-lain yang bisa dihasilkan dalam waktu singkat. Format laporannya pun bisa disesuaikan kebutuhan internal perusahaan maupun standar pelaporan eksternal seperti SAK ETAP, IFRS, PSAK, dan lain sebagainya.

Teknologi digital ini sangat bersahabat baik untuk pemula maupun pengguna program akuntansi profesional. User interface dan user experience software akuntansi digital biasanya dirancang simpel namun tetap powerfull untuk berbagai jenis perusahaan dengan skalabilitas tinggi. Anda juga bisa mengakses software kapan pun dan di mana pun karena sistem berbasis cloud. Inilah yang membuat software akuntansi digital sangat cocok untuk era serba digital dan mobil saat ini.

Manfaat terbesar software akuntansi digital adalah memberikan visibilitas yang besar terhadap kondisi keuangan perusahaan. Dengan input data keuangan yang valid dan akurat ke dalam sistem, laporan keuangan pun akan tergenerate secara real-time. Data ini sangat berguna bagi manajemen untuk melakukan pengambilan keputusan strategis dan mengevaluasi kinerja bisnis.

Beberapa keunggulan software akuntansi digital antara lain adalah:

  1. Input dan Akses Data Keuangan Lebih Cepat

Berbeda dengan pencatatan manual di atas kertas dan Excel yang sering kali memakan waktu dan rentan error, software akuntansi digital menyediakan input template transaksi yang terotomatisasi sehingga proses pencatatan menjadi jauh lebih cepat dan minim kesalahan. Seluruh data juga tersimpan rapi di cloud sehingga bisa diakses kapan saja dari mana saja.

  1. Proses Rekonsiliasi dan Audit Lebih Mudah

Fitur rekonsiliasi bank otomatis yang dimiliki software akuntansi digital sangat membantu melakukan rekonsiliasi laporan bank dengan catatan keuangan perusahaan. Dengan begitu, risiko selisih saldo bisa diminimalisir dan memudahkan proses audit.

  1. Analisis Laporan Keuangan Lebih Akurat

Berbagai jenis laporan keuangan seperti laporan laba rugi, neraca, arus kas, perubahan ekuitas, hingga rasio-rasio keuangan dapat dengan mudah dan cepat dihasilkan oleh software akuntansi. Dengan visualisasi data keuangan yang menarik melalui beragam grafik dan chart, analisis keuangan menjadi lebih intuitif sehingga pengambilan keputusan bisnis bisa lebih tepat dan akurat.

  1. Pengendalian Internal Lebih Baik

Akses terhadap software akuntansi digital dapat diatur berdasarkan hak akses berjenjang, misalnya bagian keuangan hanya bisa menginput data transaksi tetapi tidak bisa mengedit setting akun atau standar pelaporan yang dilakukan oleh Finance Manager atau Owner Perusahaan. Hal ini menciptakan check and balance yang membantu meningkatkan pengendalian internal bisnis.

  1. Proses Audit Eksternal Lebih Lancar

Auditor eksternal seperti akuntan publik juga akan sangat diuntungkan oleh implementasi software akuntansi digital. dengan menggunakan  software akuntasi digital sangat memudahkan akses dan berbagi informasi keuangan yang dibutuhkan oleh auditor di luar kantor sehingga proses audit bisa dilakukan lebih lancar dan efisien.

Tidak hanya itu, dengan adopsi software akuntansi digital, pengguna dapat dengan mudah merancang dashboard analisis keuangan yang memuat berbagai metrik penting seperti cash flow, profit margin, hutang piutang, persediaan, dan lainnya. Manajemen pun bisa memantau perkembangan bisnis kapanpun dan dimanapun melalui portal atau aplikasi mobile yang disediakan.

Dari sisi legalitas dan kepatuhan, software akuntansi digital yang terdaftar dan memiliki izin resmi dari regulator dapat membantu pelaku bisnis untuk memenuhi kewajiban pelaporan keuangan dan perpajakan. Dengan fitur e-SPT dan e-faktur yang tersedia, pengguna dapat dengan mudah melaporkan SPT Masa PPN maupun PPh secara daring ke Kemenkeu/OSS.

Adopsi software akuntansi digital merupakan sebuah keniscayaan di era serba digital saat ini. Dengan biaya terjangkau dan kemudahan akses yang ditawarkan, sudah sewajarnya para pemilik bisnis beralih menggunakan software akuntansi digital demi meningkatkan visibilitas laporan keuangan dan pengambilan keputusan yang lebih baik. Dengan beragam keunggulan yang ditawarkan, penerapan software akuntansi digital dapat menjadi game changer untuk meningkatkan efisiensi dan visibilitas laporan keuangan perusahaan Anda.

Namun bila Anda masih merasa kebingungan dalam memilih, mengimplementasikan hingga mengintegrasikan software akuntansi digital yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, jangan sungkan untuk segera menghubungi konsultan profesional dari MAB Consulting. Sebagai perusahaan jasa konsultansi bisnis terkemuka dan terpercaya, MAB Consulting siap membantu perusahaan Anda mulai dari tahap evaluasi kebutuhan, rekomendasi pemilihan software akuntansi terbaik, implementasi software, pelatihan penggunaan, troubleshooting, hingga bantuan customisasi laporan sesuai standar bisnis Anda.

Konsultasi bisnis dengan tim kami MAB Consulting yang telah memiliki pengalaman dan spesialisasi terutama Accurate Software Akuntansi  sudah dilakukan banyak klien dengan tingkat kepuasan sangat tinggi.

Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi konsultan kami untuk informasi lengkapnya. Wujudkan laporan keuangan digital 4.0 untuk unggul di pasar bersama MAB Consulting dan Accurate Software!

Ingin Berkonsultasi Dengan Kami Untuk Meningkatkan Efisiensi Bisnis Perusahaan Anda

Klik Tombol Gambar Di bawah Ini

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *